Bang Husin Jawara Golok Seliwa

Profil Guru Silat | Bang Husin | Golok Seliwa | Silat Betawi

Bang Husin berkopiah merah dengan para murid (foto from album facebook lukman pengadegan)

Bagi para praktisi dan pemerhati Silat Betawi, umumnya pasti mengenal sosok yang satu ini, BANG HUSIN, jawara, guru besar dan pewaris satu-satunya maenan betawi yang berciri khas keahlian memainkan golok. Goloknya tidak sembarang golok, tapi golok yang ukurannya disesuaikan dengan pemakai. Ukuran standarnya adalah sepanjang lengan bawah  pemakai ditambah 3 jari.
gambar golok



Husin bin Husni, itulah nama beliau, ada yang memanggil Bang Husin, ada juga yang menyebut Babe Husin. Dibalik kehaliannya memainkan golok dengan kecepatan yang sulit diikuti mata, Bang Husin adalah sosok yang ramah, humoris dan cukup gaul.


Sebagai putra Betawi, dan anak dari seorang jawara, tentu saja Bang Husin juga kudu belajar maenan. Bapak nya bernama Husni bin Muhammad. Husni Bin Muhammad adalah anak dari suami istri asli medan yang meninggal dunia sewaktu beliau masih bayi, tidak diketahui siapa nama kedua orang tuanya. Husni kecil kemudian diambil anak oleh pasangan asli betawi yaitu Muhammad, setelah Muhammad meninggal dunia, Husni diasuh oleh seorang jawara betawi yaitu Kong Ajid. Tidak diketahui apakah Bapak Husni mendapatkan maenan golok seliwa dari Kong Ajid atau dari orang lain. Berdasarkan cerita Bang Husin ke saya, Bapaknya tidak pernah mau bercerita dari mana asal muasal maenan Golok seliwa ini.

Masa kecil Bang Husin tidak berbeda jauh dengan anak-anak seumurnya pada jamannya, nakal, suka berkelahi, dsb. Pak Husni sendiri mendidiknya cukup keras, tetapi Husin kecil tetap "ngebandel". Akhirnya Bang Husin dititpkan pada kenalan Pak Husni, yaitu  Kong Rodani. Kong Rodani adalah jawara cingkrik dari garis Kong Sinan.

Setelah dirasa cukup belajar cingkrik (+/- 5 tahun) Bang Husin ditest oleh bapaknya, dan setelah dirasa cukup, kemudian baru diajarkan maenan GOLOK SELIWA ini. Selanjutnya Bang Husin mulai tekun mempelajari Golok Seliwa. Untuk menambah perbendaharaan keilmuan, Bang Husin juga belajar maenan Gerak Rasa Sanalika di Rawa Belong. Kehebatan Bang Husin di sini adalah, walaupun sudah menguasai Golok Seliwa, pada saat belajar Gerak Rasa Sanalika, Bang Husin bisa menjadi empty cup. Bang Husin pernah cerita ke saya, pada saat belajar Gerak, temannya ada yang bertanya : "Sin, kok elu kagak replek ngelawan kalo lagi belajar, biar kate dipites-pites?" jawab Bang Husin : "lah, kan gue di sini belajar, ye kudu bisa ngikutin pelajaran, kagak boleh bawa-bawa maenan gue"

Keunikan maenan golok seliwa adalah permainan golok yang cepat perpindahannya dari tangan kanan ke kiri, to the point, dan perubahan tenaga dari kosong ke isi (juga sebaliknya).

Itulah satu sikap yang patut dicontoh, berjiwa besar, mau belajar dan bisa mengosongkan wadah. Salute.  Ini hanya secuil cerita sosok seorang guru silat Betawi yang saya kagumi. Dengan keadaan yang sederhana, Bang Husin tetap loyal dengan dedikasinya mengajar silat. Semoga ilmu yang diajarkannya menjadi berkah dan Golok Seliwa tetap lesatri dan terus berkembang.


kredit foto : album facebook iwan setiawan dan sony sasongko

di bawah ini adalah cuplikan beberapa video Golok Seliwa






Jika ada yang tertarik belajar golok seliwa dan bertemu dengan Bang Husin, silakan datang ke halaman Gedung LIPI, jalan Gatot Subroto setiap Hari Sabtu pagi jam 8.00

Comments

  1. Keren silatnya dan perlu dilestarikan!

    ReplyDelete
  2. silatnya jarak dekat... ada cabang latihan di tempat lain ga bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempat lain di mana maksudnya di mana ya?

      Delete
  3. BAYARANYA MAHAL BANGET, BUAT ORANG YANG ADA DUITNYA MUNGKIN KAGAAPE TAPI BAGI YANG PASPASAN DUITNYE DAN PENGEN BELAJAR YAH......TINGGAL ISEP JAI AJA....
    SARAN AJA KALO BOLEH.......PENDAFTRAN DAN IURAN JANGAN SEGITULAH..........

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan sampaikan langsung ke perguruan ybs, jangan curhat di sini

      Delete
    2. emng brpa bang, kalo boleh tau ?

      Delete
  4. daerah depok cinere ada gak bang?

    ReplyDelete
  5. ada perguruannya gak bang di daerah cinere depok kalo kaga disekitarnya. ane mau nerusin budaya ane nih supaya kaga punah

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan manja yee, di atas di bagian akhir udah ada tempat latiannya di gedung LIPI jl gatot subroto

      Delete
  6. di lampung ada ga banggg minatt bgt inii

    ReplyDelete
  7. saya tertarik sekali bang , klau di kalimantan ada yg bisa ngajarin ga bang ? makasih ..

    ReplyDelete
  8. mau tanya perbedaan senjata, antara golok seliwa dengan golok ipsi
    mungkin panjangnya, lebarnya, beratnya dll
    mohon dibalas

    ReplyDelete
    Replies
    1. di atas ada foto contoh golok seliwa, menurut info panjang golok seliwa seukuran 1 jengkal tiga jari per individu. lebarnya menyesuaikan. Golok IPSI umunya tidak tajam panjang antara 30-32 cm

      Delete
  9. mau tanya perbedaan Senjatanya , antara golok seliwa dengan golok ipsi
    mungkin panjangnya berapa cm, lebarnya, beratnya, gagangnya, sarungnya, dll
    mohon untuk dibalas

    ReplyDelete
  10. masih aktif kan y bang, tempat latihan di lipi sabtu jam 8 ya bang

    ReplyDelete
  11. Kat malaysia ada x silat ini

    ReplyDelete
  12. Kat malaysia ada x silat ini

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. mau tau biayanya?
      dateng ke lokasi, tanyain langsung di sana

      Delete
  14. Assalamu alaikum wa rahmatullah..
    Saya dari Brunei...pertama kali mengenali golok seliwa sudah amat terpana dan kagum. Semoga maju jaya dan berharap satu masa nanti akan dpt mempelajarinya, In Syaa Allah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alaikumsalaam, terima kasih atas apresiasinya. semoga suatu saat bisa berjodoh. silakan kontak A. Pusat : Kantor LIPI Jl.Gatot Subroto
      Jakarta Selatan
      Hari latihan : Hari Sabtu dan Minggu
      Waktu : Pukul 08.00 sd 11.00 WIB
      Arena : Lapangan Rumput LIPI
      Pembimbing :Bang Edwin dan Bang Ipam
      ( di bawah pengawasan Babeh Husien )
      Info.08129056120

      Delete
  15. bang, ane mau tanya, ini ada jadwal latiannya hari minggu nggak ?trima kasi

    ReplyDelete
  16. bang ane mau tanya, ada yg latian hari minggu gak bang ???

    ReplyDelete
  17. ane mau tanya,ada atau tidak yg jadwalnya hari minggu bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasakan untuk mencari dulu sebelum bertanya. Di blog ini sudah ada info lengkapnya
      A. Pusat : Kantor LIPI Jl.Gatot Subroto
      Jakarta Selatan
      Hari latihan : Hari Sabtu dan Minggu
      Waktu : Pukul 08.00 sd 11.00 WIB
      Arena : Lapangan Rumput LIPI
      Pembimbing :Bang Edwin dan Bang Ipam
      ( di bawah pengawasan Babeh Husien )
      Info.08129056120

      Delete
  18. Sangat membantu untuk ank2 muda sekarang dan harus tetap di lestarikan.. good

    ReplyDelete
  19. Cakeeep ..... salam hormat ....

    ReplyDelete
  20. Aslmkm...bang ane mau tanye neh ntuh daerah depok lum ade...apa ye....almatnue...trms





    ReplyDelete

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung ke FORUM SILAT dan membaca artikel ini. Sangat menyenangkan apabila ada jejak yang tertinggal berupa komentar, saran maupun kritik, sehingga kita lebih dapat saling mengenal. So, jangan ragu untuk berkomentar di sini

Popular posts from this blog

DAFTAR CABANG/SEKRETARIAT & TEMPAT LATIHAN PENCAK SILAT LBD SINAR PUTIH

PERGURUAN PENCAK SILAT PANDAWA (PPS PANDAWA)