Skip to main content

BELAJAR SILAT SECARA INSTAN (seri belajar silat I)


forum pencak silat
Ini jaman serba instan, serba pengen cepet dan main cepet, barangkali menuruti pameo SIAPA CEPAT DIA DAPAT. Padahal cepat yang tidak terlatih kebanyakan malah mudarat, karena kita jadi selalu terburu-buru, tergesa-gesa.
Karena ini jaman serba instan seperti mi instan, pengen serba cepat, mau langsung jadi, maka trend yang berkembang dalam silatadalahorang belajar silat pun mau nya instan”.Belajar silat sistim instan, sebulan, dua bulan, tiga bulan ingin langsung bisa. Entah bisa bersilat, entah bisa bak-bik-buk di jalanan atau sekedar bisa “bergaya silat” saja.
Apakah bisa belajar silat sistim instan? Kalau saya yang ditanya, tanpa ragu saya akan jawab tegas TIDAK, walau pun ini masuk kategori jawaban instan. Kenapa tidak bisa?

Silat, pencak silat, maenpo, maen pukulan, silek, dan segala keanekaan sebutannya adalah lebih dari sekedar “alat bela diri”. Silat adalah sebuah sistem. Sebuah sistem selalu terdiri dari lebih dari satu unsur, tidak berdiri sendiri dan saling berkaitan satu sama lain.
Kecenderungan yang berkembang saat ini, dimana belajar silat dipadatkan sedemikian rupa, sehingga tampak seolah-olah bisa dilakukan secara instan adalah hanya sebuah teknik marketing. Dengan bungkus yang menarik dan tujuan mulia : memperkenalkan pencak silat ke khalayak umum (terkesan silat adalah barang yang sangat asing di tanah air nya sendiri). Apakah itu salah? bisa salah bisa tidak. Menjadi salah apabila dalam pelatihan instan, para guru tidak mampu menjabarkan silat sebagai sebuah sistem.
Sebagai sebuah sistem, paling tidak silat terdiri dari unsur-unsur
  1. Seni/olah raga
  2. Bela diri
  3. Sosial
  4. Filosofi
  5. Kaedah
  6. Spiritual
Belajar silat secara instan hanya akan memperoleh unsur kedua dari (minimal) 6 unsur di atas, dan saya jamin tidak akan bisa mengerti dan menguasai silat secara komprehensif. Efek ke depannya adalah 10-100 tahun lagi penguasaan silat secara menyeluruh hanya akan ada di literatur tanpa ada praktisi yang mampu menjabarkan nya secara nyata.
Apakah tidak boleh? Boleh dan sah-sah saja. Tapi saya harap bagi yang instan ini tidak menyebut diri nya belajar SILAT, cukup lah BELAJAR BELA DIRI. Karena bela diri itu tidak harus silat, belajar bela diri adalah belajar bagaimana cara menyerang, bertahan, dan menghindari serangan.Itu sudah merupakan bakan alami mahluk hidup dan ada di sistim bela diri negara manapun. Jadi cukup lah belajar memukul, menangkis, menendang, menghindar, bahkan belajar cara melarikan diri, itulah bela diri.
Bagi yang sungguh-sungguh ingin belajar silat, maka mulai lah dengan berniat untuk mempelajari sistem kehidupan secara total.Bersiaplah untuk belajar seumur hidup, karena dalam konsep saya belajar silat adalah belajar mengenai kehidupan, belajar mengenal diri sendiri, belajar besosialisasi, dan belajar untuk menerima kenyataan bahwa kita hanyalaha mahluk yang lemah. Bahkan menghadapi seekor nyamuk pun kita masih membutuhkan bantuan obat nyamuk.
Mulai lah belajar silat dengan belajar memahami fungsi-fungsi anggota tubuh. Pahamilah bahwa kaki diciptakan Tuhan dengan kodrat nya, terletak dibagian bawah tubuh, lebih kokoh dan kuat dari sepasang lengan, karena tugas nya sangat berat : menyangga tubuh dan anggota tubuh. Kaki untuk melangkah dan menuntun ke mana tubuh akan bergerak.
Pahamilah bahwa kedua tangan berada dibagian paling atas tubuh (kepala tidak termasuk anggota tubuh). Posisi nya yang di atas menempatkan nya sebagai anggota tubuh yang dapat bergerak bebas dan lincah. Fungsi utama lengan/tangan adalah untuk memegang, thus kodrat nya adalah untuk menolong dan saling tolong.
Badan adalah anggota utama tubuh kita, didalam nya terdapat fungsi-fungsi utama kehidupan. Jadi mati nya badan berarti mati nya tangan dan kaki, hidup nya badan berarti hidup nya tangan dan kaki. Jagalah badan kita agar tetap hidup.
Dalam silat, tiga unsur utama ini (badan, tangan dan kaki) adalah suatu sistem, suatu kesatuan. Niat dan tujuan berasal dari hati yang berada dalam badan. Tujuan yang diniatkan akan tercapai apabila tangan dan kaki berkerja sama secara harmonis dengan variasi gerakan yang bermacam-macam. Begitulah dalam kehidupan kita di masyarakat, saling terkait, saling menolong dan bekerja sama untuk mencapai tujuan.
Bersambung…

Comments

Popular posts from this blog

PERGURUAN PENCAK SILAT PANDAWA (PPS PANDAWA)

Profil | Perguruan | PENCAK SILAT PANDAWA

Berikut ini adalah sebuah profil lengkap perguruan pencak silat yang saya kutip dari blog PERGURUAN PENCAK SILAT PANDAWA (PPS PANDAWA)


About PPS PANDAWA
PERGURUAN PENCAK SILAT PANDAWA (PPS PANDAWA) P A N D A W A disini mempunyai arti ataupun makna sbb  :         P       :    huruf pertama dari PAMILI         A      :    huruf pertama dari ANU         N      :    huruf pertama dari NUNGTUT D      :    huruf pertama dari DI A      :    huruf pertama dari ALAJAR W    :    huruf pertama dari WALAGRI A      :    huruf pertama dari  ATI
Apabila digabung mempunyai arti  :  Pamili Anu Nungtut Di Alajar Walagri Ati yang diambil dari bahasa Sunda yang mempunyai arti  :  Persaudaraan dalam Ajaran Waras Ati atau Keluarga/Handaitaulan yang menuntut ilmu untuk belajar/berlatih agar Hati menjadi Sehat, Tentram dan Hati menjadi Lurus Suci.
Setelah mengetahui akan arti Pencak Silat Pandawa dan tujuannya, jangan sekali-kali melanggar ajaran dan aturan yang dikeluarkan oleh …

DAFTAR CABANG/SEKRETARIAT & TEMPAT LATIHAN PENCAK SILAT LBD SINAR PUTIH

sumber grup face book LBD SINAR PUTIH BALIKPAPAN : BPK. DJOKO SUDARSONO, KOMP. BANDAR UDARA SEPINGGAN, BALIKPAPAN KAL-TIM (0542) 65080
BANDA ACEH : BKPN, JL. TENGKU MOLEM NO. 20 BANDA ACEH (0651) 33616
BANDAR LAMPUNG : – BPK. DRS. HENDAYA, JL. JEND. SUDIRMAN 75 PAHOMAN, BANDAR LAMPUNG 0721-266087
- KOMPLEK PERUM. KORPRI BLOK D9 SUKARAME
- JL. DIPONEGORO NO. 144 A TELUK BETUNG, BANDAR LAMPUNG
BANDUNG : JL. SRAGEN NO. 7 ANTAPANI, BANDUNG (022) 70499001
BANGIL : JL. SUPRIYADI NO. 44A POGAR, BANGIL, PASURUAN (0343) 741486- UNIT DERMO : S. BUDIONO, JL. CUCUT 168 BANGIL (0343) 747741 / 747055BANJARMASIN : BPK. HERI HERJADI, FKIP UNIVERSITAS LAMBUNGMANGKURAT, JL. BRIGJEN H. HASAN BASRY (0511) 57364
BANTUL (PUSAT) : BPK. SUSANTO TANUWIJAYA JL. IMOGIRI KM. 5 WOJO, SEWON, BANTUL
BANYUWANGI : BPK. DRG. GARDJITO, JL BRAWIJAYA NO 3 BANYUWANGI 68415 (033) 424478
BATAM : BPK. MOCH. AMINUDIN HADI, TIBAN HOUSING B4-10 RT 01 RW 8, KEC. SEKUPANG, BATAM 29425 (0778) 324344
BIAK : BPK. SIMIN JL. MERPATI NO. 4, BIAK …

Bang Husin Jawara Golok Seliwa

Profil Guru Silat | Bang Husin | Golok Seliwa | Silat Betawi


Bagi para praktisi dan pemerhati Silat Betawi, umumnya pasti mengenal sosok yang satu ini, BANG HUSIN, jawara, guru besar dan pewaris satu-satunya maenan betawi yang berciri khas keahlian memainkan golok. Goloknya tidak sembarang golok, tapi golok yang ukurannya disesuaikan dengan pemakai. Ukuran standarnya adalah sepanjang lengan bawah  pemakai ditambah 3 jari.
gambar golok



Husin bin Husni, itulah nama beliau, ada yang memanggil Bang Husin, ada juga yang menyebut Babe Husin. Dibalik kehaliannya memainkan golok dengan kecepatan yang sulit diikuti mata, Bang Husin adalah sosok yang ramah, humoris dan cukup gaul.