Skip to main content

Mandahari Galanggang

Prosesi Pembukaan Galanggang atau sasaran di Sawahlunto



Minangkabau adalah sebuah suku yang ada di Sumatra barat mempunyai banyak ragam kesenian dan permainan anak nagari, baik yang masih berkembang atau pun yang masih harus dilestarikan karena telah di tinggalkan oleh masyarakat pendukungnya.
Kesenian kesenian danpermainan anak nagari itu di antaranya,saluangrabab,talemponggandang sarunai, salawat dulang, randaitari piring dan pencak silat. Semua kesenian itu mempunyai spesifikasi dan keunikan masing masing yang belum tentu seluruh masyarakat minangkabau mamp

u menguasai nya, seperti silat atau silek tradisional yang menjadi cikal bakal gerak tari  tari tradisional minangkabau.
Silat atau silek di minangkabau dahulu diajarkan di surau kepada pemuda pemuda minang kabau pada malam hari setelah selesai belar mengaji usai menunaikan shalat isya. Silek sebagai permainan bela diri digunakn bukan untuk menjadi jawara, atau menjadi orang bagak, tapi silek digunakan sebagai pembela diri apa bila di suatu saat terdapat keadaan yang mengharuskan kita membela diri dan mengunakan silat seperti kata pepatah :
            “Musuah ndak di cari, kalau batamu pantang lari” yang  artinya musuh tidak di cari dan kalau bertemu tak boleh lari dengan kata lain di hadapi.
Untuk belajar silek ada beberapa persyaratan harus dipenuhi yang di berikan oleh guru atau tuo silek, biasanya satu buah pisau, satu ekor ayam jantan, satu gantang beras, dan kemenyan. Tetapi sebelum memulai latihan, tuo silek menurunkan kepandaian kepada muridnya diadakan ritual mandarahi galanggang.
Mandarahi galanggang biasa di sebut juga mandarahi sasaran (tempat latihan silek), adalah sebuah prosesi dimana galanggang yang akan di pakai itu di darahi dengan darah ayam. Menurut mitos agar galanggang atau sasaran itu tidak memakan korban atau dapat menimbulkan celaka bagi anggota silek, seperti terkilir atau patah tulang.
Ritual dimulai dengan menggali lubang di tengah galanggang sekitar 50-60 cm, guna menanam panawa atau penawar, adapun yang di tanam adalah satu buah kelapa muda, sitawa, si dingin, si kumpai dan sikarau. Semua bahan itu di tanam dan dikubur di tengah galangang rapat rapat. Lalu seekor ayam jantan di semblih dan darahnya di teteskan sekeliling galanggang.
Selanjutnya di lakukan doa bersama oleh tuo silek dan murid atau anak sasian, setelah itu baru proses latihan dapat dilaksanakan. (Syukri, S.Sn)



sumber : palantabudaya by sukri S.sn

Comments

Popular posts from this blog

PERGURUAN PENCAK SILAT PANDAWA (PPS PANDAWA)

Profil | Perguruan | PENCAK SILAT PANDAWA

Berikut ini adalah sebuah profil lengkap perguruan pencak silat yang saya kutip dari blog PERGURUAN PENCAK SILAT PANDAWA (PPS PANDAWA)


About PPS PANDAWA
PERGURUAN PENCAK SILAT PANDAWA (PPS PANDAWA) P A N D A W A disini mempunyai arti ataupun makna sbb  :         P       :    huruf pertama dari PAMILI         A      :    huruf pertama dari ANU         N      :    huruf pertama dari NUNGTUT D      :    huruf pertama dari DI A      :    huruf pertama dari ALAJAR W    :    huruf pertama dari WALAGRI A      :    huruf pertama dari  ATI
Apabila digabung mempunyai arti  :  Pamili Anu Nungtut Di Alajar Walagri Ati yang diambil dari bahasa Sunda yang mempunyai arti  :  Persaudaraan dalam Ajaran Waras Ati atau Keluarga/Handaitaulan yang menuntut ilmu untuk belajar/berlatih agar Hati menjadi Sehat, Tentram dan Hati menjadi Lurus Suci.
Setelah mengetahui akan arti Pencak Silat Pandawa dan tujuannya, jangan sekali-kali melanggar ajaran dan aturan yang dikeluarkan oleh …

Bang Husin Jawara Golok Seliwa

Profil Guru Silat | Bang Husin | Golok Seliwa | Silat Betawi


Bagi para praktisi dan pemerhati Silat Betawi, umumnya pasti mengenal sosok yang satu ini, BANG HUSIN, jawara, guru besar dan pewaris satu-satunya maenan betawi yang berciri khas keahlian memainkan golok. Goloknya tidak sembarang golok, tapi golok yang ukurannya disesuaikan dengan pemakai. Ukuran standarnya adalah sepanjang lengan bawah  pemakai ditambah 3 jari.
gambar golok



Husin bin Husni, itulah nama beliau, ada yang memanggil Bang Husin, ada juga yang menyebut Babe Husin. Dibalik kehaliannya memainkan golok dengan kecepatan yang sulit diikuti mata, Bang Husin adalah sosok yang ramah, humoris dan cukup gaul.

DAFTAR CABANG/SEKRETARIAT & TEMPAT LATIHAN PENCAK SILAT LBD SINAR PUTIH

sumber grup face book LBD SINAR PUTIH BALIKPAPAN : BPK. DJOKO SUDARSONO, KOMP. BANDAR UDARA SEPINGGAN, BALIKPAPAN KAL-TIM (0542) 65080
BANDA ACEH : BKPN, JL. TENGKU MOLEM NO. 20 BANDA ACEH (0651) 33616
BANDAR LAMPUNG : – BPK. DRS. HENDAYA, JL. JEND. SUDIRMAN 75 PAHOMAN, BANDAR LAMPUNG 0721-266087
- KOMPLEK PERUM. KORPRI BLOK D9 SUKARAME
- JL. DIPONEGORO NO. 144 A TELUK BETUNG, BANDAR LAMPUNG
BANDUNG : JL. SRAGEN NO. 7 ANTAPANI, BANDUNG (022) 70499001
BANGIL : JL. SUPRIYADI NO. 44A POGAR, BANGIL, PASURUAN (0343) 741486- UNIT DERMO : S. BUDIONO, JL. CUCUT 168 BANGIL (0343) 747741 / 747055BANJARMASIN : BPK. HERI HERJADI, FKIP UNIVERSITAS LAMBUNGMANGKURAT, JL. BRIGJEN H. HASAN BASRY (0511) 57364
BANTUL (PUSAT) : BPK. SUSANTO TANUWIJAYA JL. IMOGIRI KM. 5 WOJO, SEWON, BANTUL
BANYUWANGI : BPK. DRG. GARDJITO, JL BRAWIJAYA NO 3 BANYUWANGI 68415 (033) 424478
BATAM : BPK. MOCH. AMINUDIN HADI, TIBAN HOUSING B4-10 RT 01 RW 8, KEC. SEKUPANG, BATAM 29425 (0778) 324344
BIAK : BPK. SIMIN JL. MERPATI NO. 4, BIAK …