Skip to main content

Pencak silat: sebuah bentuk Komunikasi


ebook
Pencak silat | dan | Komunikasi
Berbicara tentang pencak silat sepanjang pengamatan saya tidak pernah bergeser dari tiga hal :
  1. Jurus (beserta teknik dan aplikasi nya)
  2. Filosofi dan kaedah
  3. Sejarah aliran dan/atau perguruan
Kali ini saya akan membahas nya dari sudut pandang yang berbeda : PENCAK SILAT SEBAGAI SEBUAH BENTUK KOMUNIKASI.
Sebagai mahluk sosial, komunikasi adalah kebutuhan mutlak bagi setiap orang; bahkan bagi mereka yang menyepi di hutan sekalipun tetap melakukan komunikasi. Dalam keadaan normal, mustahil ada manusia yang tidak pernah berkomunikasi sepanjang hidup nya.
Kebutuhan akan komunikasi ini bahkan telah ada sepanjang peradaban manusia, tentu dengan tingkat intelegensia sesuai jamannya. Lantas apa hubungannya dengan pencak silat? Pencak silat hakikatnya adalah bentuk lain dari komunikasi dalam wujud interaksi fisik. Kita akan lihat penjelasannya berikut ini.
Komunikasi mensyaratkan ada nya dua pihak yang berinteraksi, meskipun sifat nya satu arah seperti dalam pidato, kampanye, siaran, orasi, dan sebagainya. Sebuah komunikasi yang baik dan efektif dibuktikan dengan sampai nya tujuan yang diharapkan, oleh karena itu perlu dilakukan dengan cara-cara yang baik.  Dalam komunikasi dua arah, diperlukan syarat-syarat berupa : cara berkata-kata yang baik, saling pengertian, saling menghargai, tidak mendominasi percakapan, dan teratur dalam berbicara.

Pencak silat pun demikian ada nya. Jurus adalah visualisasi penyampaian maksud, dilakukan dengan teratur, mempunyai tujuan, tidak tergesa-gesa, terpola dan mengandung makna. Sikap pasang yang sempurna dapat diibaratkan sebagai sikap seseorang yang santun dalam berkomunikasi. 
Bagaimana dengan aplikasi dalam sebuah pertarungan? bukankah salah satu pihak berusaha mengalahkan pihak lainnya? Benar. Tetapi seorang pesilat yang baik akan mengalahkan lawannya dengan cara-cara yang baik pula, sebagaimana memenangkan argumentasi dalam sebuah perdebatan; disampaikan dengan cara yang elegan, argumentatif, tidak sembrono dan tidak terkesan “menekan” pihak lawan. Aplikasi yang sempurna dilakukan dengan tenang, tidak tergesa-gesa, sedangkan wujud argumentasi dalam aplikasi adalah kemampuan mengatasi setiap tindak ofensif. Perdebatan yang baik dilakukan dengan argumentasi yang bermutu, aplikasi dalam sparing atau perkelahian akan menjadi bermutu bila argumentasi itu terwujud dalam penguasaan teknik yang "berkelas". Mengalahkan tanpa menyakiti, kalahpun tidak merasa terhina.
Dengan memahami bahwa pencak silat adalah sebuah bentuk komunikasi yang baik, diharapkan para pesilat dapat mencitrakan diri sebagai mahluk sosial yang santun, ramah, elegan dan tidak arogan. Tidaklah berlebihan apabila kita kelak bisa berbangga dengan jargon PENCAK SILAT BERBICARA DENGAN SANTUN.
Artikel ini adalah tulisan singkat saja sebagai pengantar, tulisan selengkap nya dengan disertai argumentasi berupa teori-teori komunikasi; bentuk-bentuk sikap dan gerak dalam pencak silat sebagai alat komunikasi; berkomunikasi dengan baik, efektif dan santun melalui pencak silat, rasanya perlu tulisan yang lebih mendalam dan komprehensif.
"Berbicara dengan baik, efektik dan efesien. Bersilat dengan santun".
Wassalam

Comments

Popular posts from this blog

DAFTAR CABANG/SEKRETARIAT & TEMPAT LATIHAN PENCAK SILAT LBD SINAR PUTIH

sumber grup face book LBD SINAR PUTIH BALIKPAPAN : BPK. DJOKO SUDARSONO, KOMP. BANDAR UDARA SEPINGGAN, BALIKPAPAN KAL-TIM (0542) 65080
BANDA ACEH : BKPN, JL. TENGKU MOLEM NO. 20 BANDA ACEH (0651) 33616
BANDAR LAMPUNG : – BPK. DRS. HENDAYA, JL. JEND. SUDIRMAN 75 PAHOMAN, BANDAR LAMPUNG 0721-266087
- KOMPLEK PERUM. KORPRI BLOK D9 SUKARAME
- JL. DIPONEGORO NO. 144 A TELUK BETUNG, BANDAR LAMPUNG
BANDUNG : JL. SRAGEN NO. 7 ANTAPANI, BANDUNG (022) 70499001
BANGIL : JL. SUPRIYADI NO. 44A POGAR, BANGIL, PASURUAN (0343) 741486- UNIT DERMO : S. BUDIONO, JL. CUCUT 168 BANGIL (0343) 747741 / 747055BANJARMASIN : BPK. HERI HERJADI, FKIP UNIVERSITAS LAMBUNGMANGKURAT, JL. BRIGJEN H. HASAN BASRY (0511) 57364
BANTUL (PUSAT) : BPK. SUSANTO TANUWIJAYA JL. IMOGIRI KM. 5 WOJO, SEWON, BANTUL
BANYUWANGI : BPK. DRG. GARDJITO, JL BRAWIJAYA NO 3 BANYUWANGI 68415 (033) 424478
BATAM : BPK. MOCH. AMINUDIN HADI, TIBAN HOUSING B4-10 RT 01 RW 8, KEC. SEKUPANG, BATAM 29425 (0778) 324344
BIAK : BPK. SIMIN JL. MERPATI NO. 4, BIAK …

PERGURUAN PENCAK SILAT PANDAWA (PPS PANDAWA)

Profil | Perguruan | PENCAK SILAT PANDAWA

Berikut ini adalah sebuah profil lengkap perguruan pencak silat yang saya kutip dari blog PERGURUAN PENCAK SILAT PANDAWA (PPS PANDAWA)


About PPS PANDAWA
PERGURUAN PENCAK SILAT PANDAWA (PPS PANDAWA) P A N D A W A disini mempunyai arti ataupun makna sbb  :         P       :    huruf pertama dari PAMILI         A      :    huruf pertama dari ANU         N      :    huruf pertama dari NUNGTUT D      :    huruf pertama dari DI A      :    huruf pertama dari ALAJAR W    :    huruf pertama dari WALAGRI A      :    huruf pertama dari  ATI
Apabila digabung mempunyai arti  :  Pamili Anu Nungtut Di Alajar Walagri Ati yang diambil dari bahasa Sunda yang mempunyai arti  :  Persaudaraan dalam Ajaran Waras Ati atau Keluarga/Handaitaulan yang menuntut ilmu untuk belajar/berlatih agar Hati menjadi Sehat, Tentram dan Hati menjadi Lurus Suci.
Setelah mengetahui akan arti Pencak Silat Pandawa dan tujuannya, jangan sekali-kali melanggar ajaran dan aturan yang dikeluarkan oleh …

Bang Husin Jawara Golok Seliwa

Profil Guru Silat | Bang Husin | Golok Seliwa | Silat Betawi


Bagi para praktisi dan pemerhati Silat Betawi, umumnya pasti mengenal sosok yang satu ini, BANG HUSIN, jawara, guru besar dan pewaris satu-satunya maenan betawi yang berciri khas keahlian memainkan golok. Goloknya tidak sembarang golok, tapi golok yang ukurannya disesuaikan dengan pemakai. Ukuran standarnya adalah sepanjang lengan bawah  pemakai ditambah 3 jari.
gambar golok



Husin bin Husni, itulah nama beliau, ada yang memanggil Bang Husin, ada juga yang menyebut Babe Husin. Dibalik kehaliannya memainkan golok dengan kecepatan yang sulit diikuti mata, Bang Husin adalah sosok yang ramah, humoris dan cukup gaul.