Skip to main content

Silek Taralak “Angku Pariaman” Desa Balai Batu Sandaran

"Ini adalah liputan salah satu aliran | pencak silat | dari Minang"

sumber : palantabudaya


Silek Taralak “Angku Pariaman” Desa Balai Batu Sandaran



Balai Batu Sandaran berada dalam administratif Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto di Sumatera Barat. Desa yang berada dalam bingkai budaya Nagari Kajai  ini tereletak  ±15 Km dari pusat Kota Sawahlunto. Masyarakat Nagari Kajai (Desa Balai Batu Sandaran/BBS) masih kental menjaga nilai budaya local setempat. Berbagai atraksi seni budaya yang diwariskan nenek moyang  sejak dahulunya sebagian besar masih terbina dan teraktualisasi hingga saat ini.



Sebagai bagian wilayah budaya Minangkabau. Desa Balai Batu Sandaran masih memiliki potensi kesenian dan atraksi budaya diantaranya adalah randai, salawat dulang, pidato adat, bakaru[1], dan juga silat atau Silek dalam sebutan popular Minangkabau.

Silek di daerah ini biasanya diajarkan seecara turun temurun kepada anak kemenakan sebagaimana berlaku umumnya di  Minangkabau. Sistim pengajaran silek dilaksanakan di sasaran (lokasi belajar Silat) setelah kegiatan mengaji selesai shalat isya hingga larut malam. Pada masa dahulu, terutama  anak laki laki Minangkabau kalau sudah  baligh tidur dan bersiosialisasi di Surau. Surau menjadi sarana dan media belajar banyak hal selain belajar agama. 

Silat, dimasalalu merupakan salah satu beladiri yang berkembang pesat di Minangkabau. Seni beladiri Silek di Minangkabau memiliki bebagai macam aliran. Salah satu aliran silat yang masih tumbuh dan berkembang di Desa Balai Batu Sandaran adalah Silek Taralak. Silat lainnya adalah seperti Silek Bungo, Silek Sitopuang Gadang, Silek Pangean,  dan silek baruak.

Bapak Idrus Malin Parmato 57 tahun, selaku Tuo Silek di daerah Balai Batu Sandaran mengungkapkan; Silek Taralak masuk ke desa ini sekitar tahun 1920an. Kala itu ada seorang fakir (pakiah) yang belajar mengaji di daerah Tanjung Balik di Kabupaten Solok. Setiap hari Kamis ia datang berkeliling nagari Kajai untuk meminta sumbangan sukarela. Itulah caranya mencari kebutuhan hidup selama menuntut ilmu atau selama tinggal di Surau atau Mesjid. Ia berada bahkan selama beberapa hari nagari Kajai. Selama berada disini, ia mengajarkan Silek Taralak ke para pemuda desa hingga hari Sabtu setiap minggunya. Namun siapa nama sang pakiah si guru silat itu tidak diketahui nama aslinya. Karena  ia berasal dari daerah Pariaman para murid atau anak sasiannya memanggil dengan sebutan “Angku Pariaman”. Bapak Idrus, melanjutkan cerita asal muasal Silek Taralak di Balai Batu Sandaran ini.  Angku Pariaman mengajarkan Silat Langkah Ampek beliau juga mengajarkan Silek Biso dan Silek Kapak yang merupakan bagian dari jurus andalan dan kebangaan bagi muridnya. Jurus itu diperoleh tentunya setelah menguasai menguasai seluruh bagian Silek Taralak tersebut.

Bagaimana perkembangan silat di Minangkabau di hari ini? Sepertinya memiliki keterkaitan dengan perkembangan aktivitas dan fungsi Surau. Filosofi anak lelaki baligh agar tidur di Surau sudah menitipkan agenda untuk belajar banyak hal. Bukan hanya soal agama tapi juga adat budaya termasuk untuk belajar silat. Sebagai bekal paga diri dalam menghadapi ancaman terlebih ketika berada di rantau. Pesan anak laki-laki Minang haruslah merantau tentu mendorong mereka belajar dan  bisa juga bersilat. Bagaimana dengan surau, semangat ka sura dan aktivitas surau generasi muda Minangkabau hari ini? Wallahu’alam.



[1] Bakaru atau karu merupakan ritual tolak bala disertai maureh yang dilaksankan kala menyambut bulan dan setelah Ramadhan.

Comments

  1. terima kasih telah repost, semoga silat minang tetap jaya di nusantara.
    jangan lupa kunjungi slalu palanta budaya, untuk tulisan silat minang lainnya (Dha_ie)

    ReplyDelete
  2. saya anak minang yg tidak bisa silat,saya sudah baca beberapa artikel seprti di http://silatsilekminangmerahputih.blogspot.co.id/2015/09/silat-minang-taralak-silatterkenal-di.html?showComment=1442759825510#c6883314925184891262 apakah bisa disamakan dengan silat yang bapak kelola ini,minta pencerahan nya,akan kah saya akan belajar silat semakin payah untuk mendapat kan guru,tlg dibalas trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan hubungi perguruan silat ybs. Saya tidak mengelola silat apa2.. saya hanya menuliskan artikel silat

      Delete
  3. Herbal Jantung Tanpa Efek Samping

    ReplyDelete

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung ke FORUM SILAT dan membaca artikel ini. Sangat menyenangkan apabila ada jejak yang tertinggal berupa komentar, saran maupun kritik, sehingga kita lebih dapat saling mengenal. So, jangan ragu untuk berkomentar di sini

Popular posts from this blog

DAFTAR CABANG/SEKRETARIAT & TEMPAT LATIHAN PENCAK SILAT LBD SINAR PUTIH

sumber grup face book LBD SINAR PUTIH BALIKPAPAN : BPK. DJOKO SUDARSONO, KOMP. BANDAR UDARA SEPINGGAN, BALIKPAPAN KAL-TIM (0542) 65080
BANDA ACEH : BKPN, JL. TENGKU MOLEM NO. 20 BANDA ACEH (0651) 33616
BANDAR LAMPUNG : – BPK. DRS. HENDAYA, JL. JEND. SUDIRMAN 75 PAHOMAN, BANDAR LAMPUNG 0721-266087
- KOMPLEK PERUM. KORPRI BLOK D9 SUKARAME
- JL. DIPONEGORO NO. 144 A TELUK BETUNG, BANDAR LAMPUNG
BANDUNG : JL. SRAGEN NO. 7 ANTAPANI, BANDUNG (022) 70499001
BANGIL : JL. SUPRIYADI NO. 44A POGAR, BANGIL, PASURUAN (0343) 741486- UNIT DERMO : S. BUDIONO, JL. CUCUT 168 BANGIL (0343) 747741 / 747055BANJARMASIN : BPK. HERI HERJADI, FKIP UNIVERSITAS LAMBUNGMANGKURAT, JL. BRIGJEN H. HASAN BASRY (0511) 57364
BANTUL (PUSAT) : BPK. SUSANTO TANUWIJAYA JL. IMOGIRI KM. 5 WOJO, SEWON, BANTUL
BANYUWANGI : BPK. DRG. GARDJITO, JL BRAWIJAYA NO 3 BANYUWANGI 68415 (033) 424478
BATAM : BPK. MOCH. AMINUDIN HADI, TIBAN HOUSING B4-10 RT 01 RW 8, KEC. SEKUPANG, BATAM 29425 (0778) 324344
BIAK : BPK. SIMIN JL. MERPATI NO. 4, BIAK …

PERGURUAN PENCAK SILAT PANDAWA (PPS PANDAWA)

Profil | Perguruan | PENCAK SILAT PANDAWA

Berikut ini adalah sebuah profil lengkap perguruan pencak silat yang saya kutip dari blog PERGURUAN PENCAK SILAT PANDAWA (PPS PANDAWA)


About PPS PANDAWA
PERGURUAN PENCAK SILAT PANDAWA (PPS PANDAWA) P A N D A W A disini mempunyai arti ataupun makna sbb  :         P       :    huruf pertama dari PAMILI         A      :    huruf pertama dari ANU         N      :    huruf pertama dari NUNGTUT D      :    huruf pertama dari DI A      :    huruf pertama dari ALAJAR W    :    huruf pertama dari WALAGRI A      :    huruf pertama dari  ATI
Apabila digabung mempunyai arti  :  Pamili Anu Nungtut Di Alajar Walagri Ati yang diambil dari bahasa Sunda yang mempunyai arti  :  Persaudaraan dalam Ajaran Waras Ati atau Keluarga/Handaitaulan yang menuntut ilmu untuk belajar/berlatih agar Hati menjadi Sehat, Tentram dan Hati menjadi Lurus Suci.
Setelah mengetahui akan arti Pencak Silat Pandawa dan tujuannya, jangan sekali-kali melanggar ajaran dan aturan yang dikeluarkan oleh …

Bang Husin Jawara Golok Seliwa

Profil Guru Silat | Bang Husin | Golok Seliwa | Silat Betawi


Bagi para praktisi dan pemerhati Silat Betawi, umumnya pasti mengenal sosok yang satu ini, BANG HUSIN, jawara, guru besar dan pewaris satu-satunya maenan betawi yang berciri khas keahlian memainkan golok. Goloknya tidak sembarang golok, tapi golok yang ukurannya disesuaikan dengan pemakai. Ukuran standarnya adalah sepanjang lengan bawah  pemakai ditambah 3 jari.
gambar golok



Husin bin Husni, itulah nama beliau, ada yang memanggil Bang Husin, ada juga yang menyebut Babe Husin. Dibalik kehaliannya memainkan golok dengan kecepatan yang sulit diikuti mata, Bang Husin adalah sosok yang ramah, humoris dan cukup gaul.