Skip to main content

Tokoh Pencak Silat Betawi



H. Nunung Pendekar Betawi Rawa Belong

foto : dokumen pribadi

Haji Nur Ali Akbar (H. Nunung)
Guru Besar Silat  Gerak Rasa Sanalika
Bang Nunung adalah Putra Betawi asli Rawa Belong, lahir th 1948 dengan nama Nur Ali Akbar. setelah tamat SPG th 1969, beliau menjadi guru SD, dan itu dilakoni beliau sampai pensiun.
Beliau dikenal sebagai salah satu pendekar dan guru Besar silat Betawi, yang menguasai berbagai silat dengan aliran silat sbb :
  1. Cingkrik: beliau salah satu pewaris silat cingkrik, dan salah satu tokoh yg hafal silsilah silat cingkrik.
  2. Gerak Saka: beliau juga salah satu penerus silat Gerak Saka. belajar langsung dari Bang Pi’i dan sempat belajar juga dari guru Bang Pi’i raden Widarma, dan disarankan oleh Bang Pi’i langsung untuk membuat perguruan silat Gerak Rasa Sanalika
  3. Gerak Rasa Kari Madi aliran cikalong (jurus sepuluh): belajar dari, Bang Usman bin Entong, Bang Marga, Bang Sain, Bpk Wijaya, Bang Mahmud yang semuanya adalah murid Bang Entong, Bang Entong berguru kepadaPak Luwi (keturunan Belanda) murid Gan Didi. Dalam gerak rasa sanalika Bang Nunung juga memadukan Gerak Saka dengan Gerak rasa sanalika, denga fondasi utama tetap pada gerak Saka.
  4. Silat Sinding dari kalimantan Bang Nunung belajar dari Bapak Nurdin murid Kong Niming, dan Abdul Rahman anak Kong Niming.
  5. Gerak Per: gerak per adalah silat aliran seperti gerak saka dan rasa dari tasik, Bang Nunung belajar gerak Per dari Bpk Rais Barais.
  6. Beksi Betawi: Bang Nunung belajar beksi dari Bang Kibok.
  7. Silat Sabeni: adalah silat Betawi yg terkenal dengan jurus kelabang nyebrang beliau belajar Bang Juned.
  8. Kungfu : sempat belajar kungfu dari ko Ahim di palmerah.
Bang Nunung adalah orang yang hobby mempelajari keunikan aliran2 bela diri. Bermula ketika Babenya Bang Nunung H.Asnawi sering cerita soal silat Cingkrik, yang sering latihan dirumahnya dirumah kakek Bang Nunung yg juga tokoh Cingkrik rawa belong. sekitar tahun 60 Bang Nunung belajar Cingkrik dari ki Legod murid ki Ali, (Ki Ali adalah guru dr Kong Sinan dan Kong Goning).Tdk puas belajar cingkrik dengan hanya dari satu guru, Bang Nunung belajar lagi dengan Ki Ayat, Ki Uming, Ki Ajid, Bang Entong dan Bang Hamdan, pendekar-pendekar cingkrik ternama di masanyan dan beliu belajar juga cingkrik dr aliran Ki Wahab murid Ki Saarie.
Pak Nunung sempat bercerita tentang sejarah silat cingkrik. Silat ini tidak sengaja di temukan oleh seorang petani yg bernama Ki Maing (tahun 1817-an). Waktu itu ia tidak sengaja memperhatikan gerakan monyet yg dipelihara oleh tetangganya yg bernama Nyi Nasare. Ia sangat tertarik dag gerakan monyet yang dpt mengindar ketika dipukul dg tongkat kayu. Bahkan monyet itu bisa merebut tongkat yg di pegang Ki Maing. Dari gerakan monyet itulah ia menciptakan jurus yang sangat sederhana.
Kemudian ia mempunyai 3 murid yaitu Ki Ali, Ki Yazid dan Ki Saarie. Para murid ini melihat jurus yg diajarkan Ki Maing begitu sederhana, sehingga kemudian mereka menambah gerakan untuk memperkaya jurus tersebut. Ki ali mempunyai murid bernama Ki Sinan dan Ki Goning. Ki Ajit mempunyai murid bernama Ki ayat dan Uming. Ki Syarie mempunyai murid bernama Ki wahab.
Bang Nunung mengajar silat cingkrik dari umur 14 tahun selama hampir 30-an tahun. Lalu dilanjutkan dengan membuka perguruan GERAK RASA SANALIKA. Dulu hampir tiap hari orang dari berbagai aliran beladiri datang menjajal beliau dirumahnyan dan Bang Nunung menunjukan bahwa beladiri silat asli bisa dibanggain, Alhamdulillah belum pernah kalah.
Sekarang beliau sudah tidak ngajar lagi, karena sudah tua. jd lebih sering ke pengajian2 sekarang yg memang beliau hobby dari dulu. dan beliau sering mengumpulkan tokoh-tokoh pendekar Betawi untuk acara silaturrahmi dan pengajian, “jangan sampe jawara lebih dikenal sebagai jagoan yg nakutin atau nyeremin orang”, begitu katanya. Sekarang untuk ngajar diserahkan ke murid-muridnya. kehidupannya dijalani seperti orang desa yg bersahaja, tidak terlihat sebagai orang hebat, tiap hari dia sempatkan untuk melatih fisiknya.
*dikutip dari Gerak Rasa Sanalika posting oleh haniyehfight (edit ejaan tanpa merubah isi tulisan

Comments

  1. bang ane boleh tau tempat latihan gerak Rasa dan contact person nya siapa?

    ReplyDelete
  2. Latihan Gerak rasa di rawa belong, silakan dateng aja ke rumah babe nunung yang profil nya saya tulis di artikel ini. Pasar kembang rawa belong tanya aja rumah babe nunung. Kontak person bisa kontak ke bang wawan 02199563317

    ReplyDelete

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung ke FORUM SILAT dan membaca artikel ini. Sangat menyenangkan apabila ada jejak yang tertinggal berupa komentar, saran maupun kritik, sehingga kita lebih dapat saling mengenal. So, jangan ragu untuk berkomentar di sini

Popular posts from this blog

DAFTAR CABANG/SEKRETARIAT & TEMPAT LATIHAN PENCAK SILAT LBD SINAR PUTIH

sumber grup face book LBD SINAR PUTIH BALIKPAPAN : BPK. DJOKO SUDARSONO, KOMP. BANDAR UDARA SEPINGGAN, BALIKPAPAN KAL-TIM (0542) 65080
BANDA ACEH : BKPN, JL. TENGKU MOLEM NO. 20 BANDA ACEH (0651) 33616
BANDAR LAMPUNG : – BPK. DRS. HENDAYA, JL. JEND. SUDIRMAN 75 PAHOMAN, BANDAR LAMPUNG 0721-266087
- KOMPLEK PERUM. KORPRI BLOK D9 SUKARAME
- JL. DIPONEGORO NO. 144 A TELUK BETUNG, BANDAR LAMPUNG
BANDUNG : JL. SRAGEN NO. 7 ANTAPANI, BANDUNG (022) 70499001
BANGIL : JL. SUPRIYADI NO. 44A POGAR, BANGIL, PASURUAN (0343) 741486- UNIT DERMO : S. BUDIONO, JL. CUCUT 168 BANGIL (0343) 747741 / 747055BANJARMASIN : BPK. HERI HERJADI, FKIP UNIVERSITAS LAMBUNGMANGKURAT, JL. BRIGJEN H. HASAN BASRY (0511) 57364
BANTUL (PUSAT) : BPK. SUSANTO TANUWIJAYA JL. IMOGIRI KM. 5 WOJO, SEWON, BANTUL
BANYUWANGI : BPK. DRG. GARDJITO, JL BRAWIJAYA NO 3 BANYUWANGI 68415 (033) 424478
BATAM : BPK. MOCH. AMINUDIN HADI, TIBAN HOUSING B4-10 RT 01 RW 8, KEC. SEKUPANG, BATAM 29425 (0778) 324344
BIAK : BPK. SIMIN JL. MERPATI NO. 4, BIAK …

PERGURUAN PENCAK SILAT PANDAWA (PPS PANDAWA)

Profil | Perguruan | PENCAK SILAT PANDAWA

Berikut ini adalah sebuah profil lengkap perguruan pencak silat yang saya kutip dari blog PERGURUAN PENCAK SILAT PANDAWA (PPS PANDAWA)


About PPS PANDAWA
PERGURUAN PENCAK SILAT PANDAWA (PPS PANDAWA) P A N D A W A disini mempunyai arti ataupun makna sbb  :         P       :    huruf pertama dari PAMILI         A      :    huruf pertama dari ANU         N      :    huruf pertama dari NUNGTUT D      :    huruf pertama dari DI A      :    huruf pertama dari ALAJAR W    :    huruf pertama dari WALAGRI A      :    huruf pertama dari  ATI
Apabila digabung mempunyai arti  :  Pamili Anu Nungtut Di Alajar Walagri Ati yang diambil dari bahasa Sunda yang mempunyai arti  :  Persaudaraan dalam Ajaran Waras Ati atau Keluarga/Handaitaulan yang menuntut ilmu untuk belajar/berlatih agar Hati menjadi Sehat, Tentram dan Hati menjadi Lurus Suci.
Setelah mengetahui akan arti Pencak Silat Pandawa dan tujuannya, jangan sekali-kali melanggar ajaran dan aturan yang dikeluarkan oleh …

Bang Husin Jawara Golok Seliwa

Profil Guru Silat | Bang Husin | Golok Seliwa | Silat Betawi


Bagi para praktisi dan pemerhati Silat Betawi, umumnya pasti mengenal sosok yang satu ini, BANG HUSIN, jawara, guru besar dan pewaris satu-satunya maenan betawi yang berciri khas keahlian memainkan golok. Goloknya tidak sembarang golok, tapi golok yang ukurannya disesuaikan dengan pemakai. Ukuran standarnya adalah sepanjang lengan bawah  pemakai ditambah 3 jari.
gambar golok



Husin bin Husni, itulah nama beliau, ada yang memanggil Bang Husin, ada juga yang menyebut Babe Husin. Dibalik kehaliannya memainkan golok dengan kecepatan yang sulit diikuti mata, Bang Husin adalah sosok yang ramah, humoris dan cukup gaul.