Skip to main content

Posts

Showing posts from September 2, 2012

Bela diri bagi perempuan itu penting | Pencak Silat

Menteri: Perempuan Harus Belajar Bela Diri agar Terhindar dari Kejahatan Pentingnya Bela diri | untuk perempuan |pencak silat
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menneg PP-PA ) Linda Amalia Sari Gumelar mengatakan perempuan harus bisa menguasai seni bela diri untuk melindungi diri dari kejahatan.

"Perempuan harus bisa seni bela diri agar terhindar dari aksi kejahatan," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar di Jakarta, Rabu.

Linda menjelaskan, dewasa ini banyak aksi kejahatan yang menjadikan perempuan sebagai sasarannya, contoh terbaru adalah upaya perkosaan dan perampokan di dalam angkot.

"Terkadang perempuan terpaksa pulang kerja di malam hari dan menggunakan angkutan umum, sementara aksi kejahatan ada di mana-mana, dan terkadang menjadikan perempuan sebagai sasaran," paparnya.

Menteri menambahkan, perempuan kerap dianggap sebagai kaum yang lemah, sehingga dijadikan sasaran oleh para pelaku kejahatan…

Unsur-unsur dalam pencak silat

Ada yang bertanya : "apa unsur terpenting dalam pencaksilat?"

Bagi saya semua unsur dalam pencak silat itu penting, karena saling mendukung dan melengkapi. Lantas, apa saja unsur-unsur dalam pencak silat itu?


Bela diri, pencak silat (dengan nama dan sebutan apapun) lahir dari kebutuhan manusia untuk membela diri.

Seni Bela Diri Silat Budi Suci Melati

Beberapa kali ada yang menanyakan tentang perguruan Budi Suci Melati,
di bawah ini sedikit tulisan tentang Seni Bela Diri Silat Budi Suci Melati, yang saya kutip dari rekan AGUS WINARNO

Sekitar tahun 1960-an, A Munawir yang berasal dari Purworejo mendapat kepercayaan atau mandat untuk merintis dan mengembangkan beladiri pencak silat Budi Suci dari gurunya yang berasal dari Jawa Barat. Setelah beberapa tahun berjalan, ternyata perkembangan Budi Suci yang dipimpin oleh A Munawir tidak banyak mengalami kemajuan, khususnya di Kota Semarang yang mana pada saat itu beliau berdomisili di Semarang. Hal tersebut disebabkan karena usia beliau yang sudah lanjut dan masih belum tersusun administrasi yang baik.

Pencak Silat Foto

Foto | Pencak Silat dengan latar belakang bendera merah putih

Bagaimana jika  gambar-gambar semacam ini marak di jalan-jalan,
di kendaraan, sticker, t-shirt, jacket, spanduk2 di ibu kota, perkantoran.... ???

Adakah yang mau mewujudkan?
hanya sebuah opini dan harapan