Skip to main content

Posts

Showing posts from September 9, 2012

Jangan berburu di kebun binatang

memperkenalkan pencak silat secara luas | jangan berburu di kebun binatang


"Memperkenalkan pencak silat, dan mempromosikannya jangan di kalangan pesilat, promosi lah di kalangan umum yang belum mengenal silat"
Dalam tulisan ini, yang saya maksudkan adalah memperbanyak sebanyak-banyaknya tulisan, artikel, informasi tentang pencak silat di media online.

Sekarang kan jamannya onlen, di mana setiap orang yang mau mencari informasi tinggal klak-klik melalui mbah google. Pengamatan saya, selama ini (mungkin salah, mungkin juga belum maksimal) tulisan dan artikel tentang pencak silat hanya ada di blog/website pencak silat, grup-grup diskusi (forum maupun grup di facebook) pencak silat dan semacamnya.

Inilah yang saya maksud dengan judul tulisan di atas. Artikel dan informasi pencak silat seolah hanya untuk "kalangan sendiri" karena di publish di "rumah sendiri" yang menikmati ya kita-kita juga. Saya berharap akan banyak tulisan tentang pencak silat di media onl…

Silat adalah interaksi sosial

Silat | adalah  interaksi sosial
pencak silat dalam kaedah dan filosofi, etika dalam pencak silat, bagaimana memaknai interaksi sosial dalam pencak silat

Berbicara tentang pencak silat tidak harus melulu membicarakan jurus, teknik, aplikasi, sejarah, dll nya. Tetapi ada hal aktual yang tidak kalah penting untuk dibicarakan yaitu : bahwa pencak silat hakikatnya adalah sebuah interaksi sosial.
Kita semua mungkin sudah mahfum akan hal ini. hanya saja kita sering lupa bagaimana memaknainya dalam keseharian. Interaksi sosial -tentu saja dalam pengertian positif- membutuhkan beberapa unsur agar dapat berjalan dengan "semestinya" yaitu :