Selamat datang

terima kasih telah berkunjung ke FORUM SILAT, silakan jelajahi blog ini, feel free to make a comment dan jangan lupa joint this site and follow ya | ONE STOP PENCAK SILAT INFORMATION

Perguruan Pencak Silat di Kalimantan


Perguruan Silat CUYUSIKA BANGAU PUTIH

MUCHSIONO HADI SAPUTRA merupakan seorang Pendiri Perguruan Silat CUYUSIKA BANGAU PUTIH yang telah lama mengabdikan dirinya untuk mengembangkan hasanah budaya bangsa Indonesia. Beliau merantau ke Pulau kalimantan Barat dan mendirikan sebuah perguruan Pencak Silat di tempat ia bekerja, yaitu di lingkungan PT. Duta Rendra Mulya di daerah Sungai Asam Kabupaten Kubu Raya. Bertahun-tahun beliau menempa murid-muridnya dan akhirnya Perguruan Cuyusika mengembangkan sayapnya ke Ibukota Kalimantan Barat yaitu KOTA PONTIANAK, melalui seorang muridnya yang bernama Benny Suparta. Benny mendirikan cabang Cuyusika Kota Pontianak di daerah tempatnya menimba ilmu untuk mendapatkan Gelar Kesarjanaannya yaitu di Universitas Tanjungpura Pontianak. Cuyusika mulai dikenal oleh kalangan persilatan semenjak bergabung di keanggotaan IPSI Kota Pontianak tahun 1997.
Cuyusika mengembangkan sayapnya kembali melalui muridnya yang bernama Syahrin di tempatnya bekerja juga, yaitu di PT. Alas Kusuma. Di PT. Alas Kusuma Syahrin pun berjuang untuk mengembangkan  perguruan ini. Dan melalui anak didiknya Syahrin yaitu Bambang Sutrisno perguruan ini dikembangkan lagi ke daerah Rasau Jaya tempat Bambang kembali bertemu dengan istri dan anak-anaknya
INFO LATIHAN
1. Cabang Kota Pontianak
FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK
Tempat Latihan : Jln. Imam Bonjol Komplek UNTAN Depan Fakultas Kehutanan/Depan SMU Santun Untan
Ketua : Edy Fajar Hadi Jawara
- Ranting Jl. Veteran Gg. Dungun,
Tempat Latihan : Jln. Budi Karya
Ketua : Junaidi
2. Ranting SMA Bhayangkari Kab. Kubu Raya
Tempat Latihan : Jln. Adi Sucipto Halaman SMU Bhayangkari
Ketua : Heriyono Hadi Pramuditha Mandala
3. Ranting Rasau Jaya,
Ketua : Bambang Sutrisno
4. Cabang PT. Duta Rendra Mulya, Sungai Asam, Kabupaten Kubu Raya-Kalimantan Barat
Ketua : Darmanto
5. Cabang Sungai Ayak,
Ketua : Guru Besar Cuyusika Bangau Putih Muhsiono Hadi Saputra
6. Cabang Sekadau, SMAN 1 Sekadau,
Alamat : Jl. Merdeka Barat No 40/B Telp (0564)41140 Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau KAL-BAR
Ketua : Drs. Adli
7. Cabang Sanggau
Ketua : Bapak Iwan

 Pencak Silat Kuntau Bangkui Dayak Ngaju, Kalimantan Tengah

sumber : anguiborneo
Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui apakah ada pencak silat Dayak ? apa itu Kuntau Bangkui Dayak Ngaju ? Sejak kapan beladiri tersebut muncul ? Bukan hanya Indonesia yang umumnya mungkin tidak mengetahui hal tersebut, dizaman sekarang pun sebagian orang Kalimantan tidak mengetahui apa itu “Kuntau Bangkui”.  Mungkin disini saya akan memperkenalkan apa itu Pencak Silat Dayak Ngaju yang bernama Kuntau Bangkui.
Suku Dayak Ngaju Kalimantan Tengah mempunyai pencak silat yang bernama Kuntau Bangkui. Dahulu umumnya Kuntau dan Bangkui terpisah, tetapi sekarang digenerasi penulis kedua silat tersebut sudah digabung menjadi Kuntau Bangkui. Pada zaman dahulu, setiap pemuda suku dayak Ngaju wajib mengusai ilmu beladiri, sebagai bekal untuk pergi berperang atau mengayau. Beladiri tersebut diwariskan secara turun temurun, baik keluarga ataupun belajar dari guru. Tetapi dizaman sekarang banyak dari generasi muda Dayak yang meninggalkan tradisi beladiri ini bahkan sudah tidak mengenal apa itu Kuntau Bangkui, hanya sebagian kecil yang masih mempertahankan tradisi ini, sebagai bekal untuk melindungi diri.
Sejarah Kuntau menurut lisan para orang tua/generasi tua merupakan pencak silat warisan nenek moyang orang Dayak dari zaman dahulu, gerakannya banyak mirip dengan beladiri dari dataran China karena asal usul suku Dayak berasal dari daerah dataran China, lebih tepatnya Yunan. Kuntau sering ditampilkan dalam upacara – upacara tertentu misalnya acara dipesta perkawinan. Kuntau sendiri terdiri dari berbagai macam bentuk variasi jurus, bunga dan langkah, umumnya setiap guru tempat belajar pasti berbeda gerakan tapi persamaannya dapat dilihat dari langkah jurusnya. Proses belajar kuntau pun pada umumnya relatif lama, sulit dan harus mempunyai ketahanan fisik yang kuat. Proses terakhir dari belajar Kuntau ialah kita berada dalam suatu lingkaran, dan harus bisa menangkis serangan yang menggunakan Mandau, dan setelah tamat guru biasanya akan memberi “Minyak garak” semacam minyak yang jika dioleskan ketangan, gerakan tangan akan menjadi lebih lincah.
Bangkui adalah seni beladiri yang gerakannya diinspirasi dari gerakan hewan bangkui (sejenis monyet yang hidup dibelantara Kalimantan), gerakan bangkui banyak mempunyai gerakan mematikan lawan dengan sekali serangan, untuk itu Bangkui sangat berbahaya jika digunakan secara sembarangan. Bangkui sering digunakkan dengan tangan kosong, meski ada juga Bangkui yang menggunakan toya (tongkat), lebih cenderung menggunakan kelincahan anggota gerak badan (ekstremitas) dan cenderung menyerang musuh dari bawah.
Mungkin untuk sementara hanya ini yang bisa saya jelaskan mengenai Pencak silat Kuntau Bangkui, semoga bermanfaat.
KALIMANTAN TIMUR
TAPAK SUCI
TEMPAT-TEMPAT LATIHAN DI NUNUKAN.
SMP Muhammadiyah 1 Nunukan. Jln. Mulawarman (TVRI) RT.14 Samping kantor polisi militer. Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan. Tlp/Fax: 0556-23600. Latihan setiap hari Senin dan Khamis PKL.15.30.
2. Masjid Fastabiqul Khairat. Jln. Pasar Baru RT.7 Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan. Tlp: 0556-21659. Latihan setiap hari Ahad dan Rabu PKL.19.30.
3. SD Muhammadiyah 1 Nunukan. Jln. Pasar Baru RT.7 Nunukan. Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan. Tlp: 0556-21264. Latihan setiap hari Rabu dan Jumat PKL.15.30 hanya untuk anak-anak.
4. Musala Al-Markaz. Jln. Agus Salim RT.8 Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan. Tlp/HP: 081347672772. Untuk anak-anak dan remaja.
5. Desa Tanjung Aru. Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan. Tlp/HP: 081346559055.
6. SMP Negeri 3. Desa Sungai Taiwan. Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan. Tlp/HP: 081347807113
Kantor Sekretariat PIMDA 212 TS Kab. Nunukan KALTIM:
Jln. Patimura (TVRI) RT.13 No.63 Desa Nunukan Timur, Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan, KALTIM kode pos 77482.

LBD Sinar Putih


  1. BALIKPAPAN : BPK. DJOKO SUDARSONO, KOMP. BANDAR UDARA SEPINGGAN, BALIKPAPAN KAL-TIM (0542) 65080
  2. Muara Teweh : jl. Jend. A Yani no. 12 RT 14 Muara Teweh, Kab. Barito Utara, Kalimantan Tengah 73811 (0519) 22106
  3. Palangkaraya  : Bpk. Samino, jl. Temanggung Tilung no. 123 Palangkaraya 73111 (0536) 27690
  4. Pangkalan Bun : Bpk. Mashudi, Komplek Sinar Putih Bamban, Pangkalan Bun (0532) 23272

apabila ada yang mempunyai informasi tambahan, silakan tulis di kolom komentar, agar informasi tentang pencak silat makin mudah didapat

7 comments:

  1. Pencaksilat persaudaraan Setia Hati terate asal madiun juga sudah beerkembang cukup pesat di wilayah kalimantan tengah.. di wilayah kabupaten barito timur ditulis di www.pshtbartim.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam tapak suci,,,,
      saya ingin bertanya,apakah ada tempat latihan d kaltim selain d nunukan,seperti di kota samarinda???
      kalau ada tolong d infokan
      trima kasih....

      Delete
    2. maaf saya belom dapat tambahan info lain

      Delete
  2. SBPS Cahaya Mulia Pusat Samarinda
    Jl. Gerilya Samarinda

    ReplyDelete
  3. adakah PAGAR NUSA di daerah muara teweh?

    ReplyDelete

terima kasih telah berkunjung ke FORUM SILAT dan membaca artikel ini. Sangat menyenangkan apabila ada jejak yang tertinggal berupa komentar, saran maupun kritik, sehingga kita lebih dapat saling mengenal. So, jangan ragu untuk berkomentar di sini